FORMASI. Mungkin kita masih mengingat pada tahun 1908, tentang bang tomo yang mendirikan organisasi kepemudaan, selain itu di tahun 1928 dimana adanya sumpah pemuda, lalu pada tahun 17 agustus 1945 mungkin bukan hari kemerdekaan Indonesia jika saja kaum pemuda tidak mendesak Bung Karno dan Bung Hatta untuk mempercepat proklamasi kemerdekaan Indonesia, dan yang terakhir di tahun 1998 yang kita kenal dengan tahun awal reformasi, itupun juga tidak terlepas dengan peranan pemuda/ mahasiswa. Mungkin anda pernah mendengar ungkapan Bung Karno “berikan aku pemuda maka akan kuguncangkan dunia”.

Dari penjelasan kalimat di atas, menandakan bahwa peranan pemuda di Indonesia ini sudah lama, atau bisa juga dikatakan bahwa perkembangan Indonesia tidak luput dari peranan pemuda. Tapi kenapa pemuda sekarang ini dinilai dengan perusak, tukang rusuh, pendemo sesuatu yang tak jelas, yang dimana efek dari itu semua terasa hingga masyarakat, seperti terjadinya macet dan bentrokan dengan petugas. Sebenarnya semua itu tidak akan terjadi jika saja pemerintah mengerti sikap Pemuda Indonesia, karena seperti yang kita ketahui bahwa Seorang pemuda itu mempunyai jiwa yang sangat keras dan juga bisa membawa perubahan dalam negeri kita ini. Itupun yang dilakukan pemuda kita itu bukan untuk menuntut haknya saja, tapi dia juga menuntut hak masyarakat kecil yang tidak bisa menyampaikan aspirasinya dengan pemerintah. Dengan kata lain pemuda adalah jembatan bagi rakyat kecil. Tapi sebenarnya semua hal yang buruk itu tak perlu terjadi jika saja antara pemuda dan pemerintah bisa saling mengerti.

Pemuda itu bagaikan mutiara. Negara bisa dilihat maju dan tidaknya tergantung bagaimana keadaan pemuda di negara tersebut, karena pemudalah yang akan meneruskan sistem dan kinerja sebuah negara. Di Indonesia ini sendiri saya yakin bahwa pemuda Indonesia mempunyai Intelektual yang tinggi, kreatifitas yang bagus dan keaktifan yang akan membawa perubahan baru pada negara Indonesia. Buktinya sudah banyak mahasiswa-mahasiswa yang dengan semangatnya membuat sebuah organisasi, acara seminar, kegiatan peduli sesama dan bkti sosial yang dimana bertujuan untuk membangun masyrakat serta yang paling khusus adalah Negara indonesia. Selain itu pemuda sekarang juga harus diberikan pelajaran politik yang baik, agar suatu saat mereka menjadi pemimpin yang benar dan tidak lagi mencontoh pemimpin-pemimpin kita yang korup. Jadi jangan pernah memandang pemuda dengan sebelah mata, karena peranan pemuda di negara kita ini sangat penting, tanpa pemuda masyarakat kecil akan semakin terpuruk atau mungkin bisa sampai dilupakan dan yang paling penting adalah tanpa pemuda tak akan adalagi penerus untuk membangun bangsa kita. Maka dari itu sebagai pemuda marilah untuk membangun bangsa kita yang sudah jauh tertinggal dengan bangsa lain, dan untuk Indonsia, lestarikanlah pemuda-pemudi ini karena suatu saat mereka akan mengharumkan nama bangsa ini.

Sumber: Tamtowi Jauhari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s